USM STAN 2010 Plukuthuk

by

Beberapa hari ini sampe beberapa hari kedepan, saya dan beberapa teman seangkatan bakal setiap hari menentang badai petir, menghalau terik matahari ngurus yang namanya bimbingan belajar. Konon ceritanya ini ada hubungannya dengan ujian masuk salah satu perguruan silat terbesar di Indonesia STAN yang saingannya masuknya 1 banding 50 itu.


Q : Ada yang aneh kayaknya ya? Bimbel?
Q : Walah, anda ini komersialisasi ujian masuk ya? Jadi joki gitu?

A : Tentu saja bukan, yang ini halal, seratus persen halal, niatnya memang cari duit sebanyak - banyaknya pahala bantuin para peserta biar pada bisa lolos. Kalaupun dapat duit lebih, ya itu namanya konsekuensei.. *ngeles*

Q : Berarti sampeyan pinter ya mas?
A : Waduh, ini malah lebih pitenah dibanding yang tuduhan joki. Saya ini bukan kebagian jadi pengajarnya, bukan yang bagian bakal berkeringat di depan kelas ngasih materi sampai mulut berbusa - busa dimengerti sama para siswanya, saya bagian marketing, jadi muka badak, mulut racun, membujuk rayu dengan beribu kata indah pada para calon peserta USM yang masih polos itu.

Okay, sudah mengerti apa peran saya? Yaa, saya yang ngasih - ngasih brosur sama ngerayu daftar itu lho, sales dadakan dengan modal muka ganteng, cerdas terpercaya *dirajam massa*.

Nah, cukup dulu cerita nggak jelasnya.

Karena ngurus bimbingan belajar inilah saya jadi tahu berbagai hal kecil yang bikin pendaftar ruwet. Pengalaman dua hari ini, banyak pendaftar yang datang cuma modal badan, nggak bawa syarat - syaratnya.
Doh, yang bener aja datang cuma bawa badan, saya sampe kasihan liat yang pada dateng jauh - jauh cuma buat balik lagi keesokan harinya. Nah, buat daftar ikut USM ini, pendaftar harus bawa
  1. Formulir, bisa di download disini,atau kalo males download silahkan datang aja langsung ke stand saya, disediakan free, silahkan ambil. *promo*
  2. Pasfoto ukuran 3 x 4 sebanyak 3 lembar
  3. Bukti asli slip setoran bank sebanyak 1 lembar
  4. Fotocopy slip setoran bank sebanyak 1 lembar
  5. Fotocopy ijazah/STL/SKHU/Ijazah sementara yang telah dilegalisir kepala sekolah / pejabat yang berwenang sebanyak 1 lembar
  6. Fotocopy identitas (KTP, SIM, kartu pelajar, atau kartu identitas lainnya yang masih berlaku)
kurang satu saja, pasti disuruh pulang, nggak bisa nyusul, nggak bisa diwakilkan. Syarat penting lainnya, rata - rata nilai UAN dan UAS minimal 7,00 dan bukan pembulatan.


Tips lainnya, sekalian buat memperjelas informasi soal USM STAN ini
  1. Yang menawari pasti lulus USM, acuhkan saja, nggak pernah ada istilahnya kolusi di penerimaan mahasiswa baru STAN, anaknya Direktur STAN aja ikut tes sampe tiga kali nggak pernah dapet.
  2. Namanya antrian gratisan pasti panjang, jadi berangkatlah pagi - pagi, pendaftaran dibuka pukul 09.00 sampai pukul 15.00, istirahat siang pukul 12.00 sampai pukul 13.00.
  3. Daftar awal selalu lebih baik, karena tempat USM juga sangat berpengaruh pada tingkat kenyamanan dan keberhasilan peserta. Mau dapet di Senayan? Silahkan daftar hari terakhir saja :))
  4. Kasak - kusuk di luar bilang STAN nggak ikatan dinas memang benar. STAN sekarang ikatan kerja, jadi nggak langsung PNS, harus jadi CPNS dulu, magang dulu baru diangkat.
  5. Yang jelas sampai saat ini STAN masih gratis, seperti tahun sebelumnya -sebelumnya.
  6. Ada yang nggak mau kena militer? Jangan masuk Bea Cukai, disana memang dididik untuk militer.
  7. STAN tidak mengadakan bimbingan masuk USM, tapi banyak mahasiswanya yang berbagi pengalaman untuk memandu peserta lulus USM.
  8. Sebelum ikut USM, pastikan persiapan membiasakan diri dengan soal - soalnya, ikutan try out, bimbel, dan beli buku panduan USM yang agak mahal itu penting juga lho. Kalau bingung pilih bimbel, masuk aja ke stand warna orange yang ada di depan gedung pendaftaran.
  9. Seandainya belum ada gambaran masuk ke jurusan mana, buat peserta dari Jakarta dan sekitarnya silahkan mampir ke stand warna orange yang ada tulisannya Enlight, pas di depan gedung pendaftaran. Disana bakal kita pandu, gimana memilih jurusan dan kasih gambaran bagaimana sistem masing - masing jurusan. 
Er..mau nulis apalagi ya, kayaknya udah cukup segitu aja dulu. Kalo masih bingung, nanti di tempat pendaftaran, silahkan mampir ke tempat saya, sekalian menambah pundi - pundi uang kami  pengetahuan dan gambaran USM. :D