Atur Import Blog Plukuthuk

by

Facebook Notes memang punya banyak kegunaan dan kelebihan dalam hal publikasi apapun yang kamu tulis. Misalkan saia nulis di blog, belum tentu orang tau dan membaca isinya, meskipun isinya penting sekalipun. Nah, untungnya juga buat para blogger yang pengen mempublikasikan tulisan mereka dari blog lewat Facebook Notes ada fasilitas blog import.



Jadi gimana caranya? Yah, gampang saja, kalo kamu udah pegang satu alamat blog, tinggal copy RSS feed-nya lantas masuk ke import blog. Sekarang disini saia mau nunjukin gimana ngatur / seleksi posting mana yang boleh diimpor ke Notes dan mana yang nggak. :D

Kuncinya sederhana saja sebenarnya, kita cukup mengatur tags atau category dari posting tersebut. Karena saia memakai blog dari blogspot.com, maka bisa diatur cuma lewat labels saja. Sebenarnya tiap tags punya feed mereka masing - masing, namun perlu kita sempurnakan lagi dengan membakarnya lewat Feedburner. Cukup simple. Kalo masih nggak jelas juga, berikut step - by stepnya.

Di Blogger / Blogspot
  1. Dengan anggapan kamu udah punya blog, bikin post baru, apapun judulnya, lantas kasih label khusus (misal fb-notes) dan Publish.
  2. Pastikan feed kamu sudah sudah masuk ke full mode, buka Settings > Site Feed paling atas bisa di set untuk full.

Di FeedBurner
  1. Daftar account baru, bila sudah memakai Google Account (Gmail, Blogger dsb) maka bisa langsung login.
  2. Masukkan alamat feed blog kamu di boks yang bertulisan Burn a feed right this instant dengan format http://judulblog.blogspot.com/feeds/posts/default/-/fb-notes.
  3. Yang di blok warna merah, ganti dengan alamat blog kamu dan juga judul label yang kamu bikin.
  4. Dengan begini tinggal klik next , kasi judul buat feed kamu dan juga tentukan url-nya.
  5. Klik next lagi, cukup ikutin wizard, pasti selamat sampai tujuan.
  6. Kalo nggak inget url FeedBurner tadi tinggal klik kanan di ikon

Di Facebook
  1. Login ke account kamu, lantas masuk ke Notes > My Notes.
  2. Di sebelah kanan atas, ada pilihan untuk import dari blog, klik lantas masukkan url feed dari FeedBurner tadi untuk diimpor.
  3. Setelah itu bakal ada beberapa halaman persetujuan, centang saja dan klik import. (agak lupa, yakin la kamu bisa sendiri dari sini) :D

Sekarang kapanpun kamu pengen satu tulisan kamu diimpor ke Notes tinggal kasih label yang sama dengan yang kamu bikin di awal tadi. Hehehe. Semoga berguna.